Rabu, 25 Juni 2014

5 Cara Menumbuhkan Tanggung Jawab Karyawan

5 Cara Menumbuhkan Tanggung Jawab Karyawan
Apa jawaban para karyawan ketika ditanya "Siapa yang bertanggungjawab atas keselamatan kerja di perusahaan ini? "
Sudut pandang dalam artikel ini adalah upaya untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab karyawan terhadap keselamatan kerja masing masing.
Bagaimana cara untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab karyawan terhadap keselamatan kerja masing masing, sehingga tidak ada lagi yang berkata "kecelakaan kerja tidak akan terjadi pada saya" atau "keselamatan kerja di perusahaan ini tanggungjawab perusahaan saja dan bukan tanggung jawab karyawan ?
  1. Menerapkan sebutan identitas perusahaan kepada karyawan. Misalnya jika nama perusahaannya global, maka karyawannya menamakan diri mereka "Global Mania", karyawan PT. Prima disebut "Primer", karyawan PT. Santosa disebut "Santosa Super Team", dsb, silahkan sesuai kreativitas perusahaan. Sehingga misalnya mereka ketika berikrar mereka berkata "Global Mania akan mengutamakan keselamatan kerja dalam setiap aktivitas di dalam maupun di luar perusahaan".
  2. Memberikan kesempatan seluas luasnya kepada seluruh karyawan dari berbagai level, agar terbiasa untuk mengungkapkan semua permasalahan dan pendapat, termasuk dalam hal keselamatan kerja. Dari budaya kerja yang terbuka tersebut, tanpa disadari, setiap orang akan berbicara tentang keselamatan kerja. Darisanalah sebuah awal proses penyadaran akan tanggungjawab terhadap keselamatan kerja masing masing.
  3. Sosialisasikan pada semua karyawan bahwa "zero accident" itu sangat mungkin untuk dicapai, sehingga setiap karyawan yang bersikap pesimis harus segera diberi pengertian dengan baik.
  4. Kondisikan agar para supervisor memiliki sikap yang ramah dan komunikatif terhadap tim nya masing-masing. Studi menunjukkan bahwa hubungan yang baik antara supervisor dan anggota tim nya dapat meningkatkan prestasi keselamatan kerja perusahaan.
  5. Undang pembicara atau korban kecelakaan kerja untuk memberikan ceramah mengenai keselamatan kerja dan kisah penyebab dan akibat dari kecelakaan kerja. Hal tersebut adalah upaya pendekatan emosional pada karyawan terutama bagi mereka yang masih berprinsip bahwa "kecelakaan kerja tidak akan terjadi pada saya".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar